mysterio

October 10, 2009

The truth behind Padang Earthquake 9/30

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , — mysterio @ 10:21 pm

peta gempa padang

First, I really don’t know if this really happened or not.. but seenggaknya kita jangan nutup mata kalo hal2 kayak gini bisa dan emang biasa terjadi di Indonesa…

Nutup mata tentang apa sih ?

Jadi gini,,,,

Pasti udah pada liat dong gimana dahsyatnya efek gempa yg meluluhlantakkan kota Padang dan sekitarnya 30 September silam. Dan pastinya udah pada kenyang juga liat video2 evakuasi baik yg ditayangin baik di station TV local atau dari internet.

sempet ngerasa janggal nggak sih dengan video2 evakuasi yg ditayangkan di TV ? (terutama evakuasi yg dilakukan di hotel Ambacan, karena emang itu yg paling di-ekspos).

ni poto hotel Ambacang sebelum gempa :

hotel ambacang

ni kondisi setelah gempa :

hotel ambacang 2

Kalo gw sih iya…

Soalnya heran…. Di satu sisi mereka bilang kalo dibawah reruntuhan hotel itu masih terkubur sejumlah korban yg kemungkinan masih hidup… Tapi disisi lain…

yg nge-evakuasi pada kemana sih ?

kok gak keliatan aktivitasnya sama sekali… ?

ini masalah nyawa manusia.. sesuatu yg seharusnya dijadiin prioritas utama…

lantas kalo memang belum ada alat berat.. apa nggak ada satu hal pun yg bisa dilakukan ?

dengan peralatan seadanya misalnya… apa gak bisa melakukan evakuasi sebisanya yg gw rasa jauh lebih berguna daripada cuman diem aja ..

coba bayangkan kalo kita di posisi korban…

dengan kondisi sekarat dan terjepit reruntuhan, gelap, kelaparan, kehausan ,… dan DIBIARIN… DIBIARIN selama 3-4 hari !!!

gw heran.. apa sih sebenernya yg dilakukan mereka ???

semuanya serba lambat, nggak terkoordinir, dan paling parah kok gak pada pake hati nurani..

kalau evakuasi mayat.dan bangunan boleh di nomor 2 kan

tapi ini Evakuasi orang hidup., kok pada masih bisa acuh yak ?

okay mungkin yg gw tulis diatas gak berasalan karena gak ada fakta yg menguatkan.. jujur aja,informasi yg gw dapet hanyalah berasal dari sumber2 yg nggak ke-ekspos media, sumber underground istilahnya, gw sendiri gak tau informasi yg gw dapet ini bener apa nggak, , tapi gw lebih percaya dengan info2 model begini karena lebih apa adanya….

berikut ini beberapa informasi yg gw dapet… just cekidot….

  1. dari pertama kali Tim SAR berada disana mereka tidak bekerja sama sekali dengan alasan alat berat belum ada. Sampai saat alat berat sudah adapun mereka tetap santai tidak bekerja.
  2. Alat Berat sudah tersedia disana semua, tapi sampai hari kelima evakuasi di Hotel Ambacan nggak tembus2.
  3. Berapa sumbangan untuk gempa Padang ? setau gw… Pak SBY nyumbang Rp. 100 Milyar, 41 Milyar didapat dari uni-Eropa, dan dari dompet2 peduli Media Indonesia sebesar 6 milyar, belum lagi dari Dompet2 lainnya, bantuan2 dari berbagai Negara lainnya yang masih banyak lagi… Tetapi kemanakah bantuan disumbangkan itu? karena kurang terorganisis jadinya hilang ditelan bumi…
  4. Banyak pemerasan dan pencurian terjadi, yang menimpa korban dan keluarga korban terutama warga keturunan hal itu dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab…
  5. Banyak juga korban yg di-judge nggak berhak mendapatkan bantuan , alasannya : MAMPU!!!…padahal rumahnya ga berbentuk lagi (rata sama tanah), masih dibilang mampu ?? ini biasanya menimpa warga keturunan…
  6. Ada cerita yg bilang, seseorang mendengar suara cewek minta tolong di reruntuhan.
    Tapi apa kata tim SAR? “Mungkin itu hanya halusinasi Anda saja.” alasannya “Tidak mungkin ada org yg sanggup bertahan di bawah reruntuhan selama satu minggu tanpa makan dan minum. Astaga… tanpa ada usaha nyari sedikitpun ? ” Gak ada yg gak mungkin klo udah atas ijin TUHAN !”

Itu aja ? oh nggak … pastinya pernah juga dong baca berita ini :

Tim pencari dan penyelamat (SAR) menghentikan misi mencari korban gempa bumi di Padang, Sumatra Barat. Pasalnya, mereka sudah tak lagi menemukan korban yang terperangkap di reruntuhan bangunan.

Demikian ungkap pejabat Swiss. Juru bicara Kementrian Luar Negeri Swiss, Nadine Olivieri, mengungkapkan bahwa tim beranggotakan 115 petugas dan 18 anjing pelacak dianggap sudah menuntaskan tugas.

Sejak memulai pencarian Jumat pekan lalu hingga Minggu kemarin, tim SAR Swiss menemukan enam jenazah yang tertimpa reruntuhan. Olivieri mengungkapkan bahwa sebagian besar petugas SAR Swiss akan pulang Rabu esok, namun sejumlah spesialis air dan konstruksi bangunan masih bertugas di Padang.

Sementara itu, pemerintah Indonesia mengungkapkan bahwa ratusan orang masih hilang akibat gempa bumi berkekuatan 7,6 pada Skala Richter di Sumatra Barat, Rabu 30 September 2009. Mereka dikhawatirkan tidak bisa selamat

http://dunia.vivanews.com/news/read/94386-tim_sar_swiss_hentikan_misi_pencarian

isu2nya sih berita itu hanyalah kebohongan public belaka… realita yg terjadi sebenarnya katanya sih :

Tim SAR Swiss dateng ke Indonesia, dengan membawa relawan, obat-obatan, makanan, alat-alat berat, tenda, dsb ..Begitu mereka sampai di Padang, mereka langsung disambut oleh masyarakat setempat dengan baik

Setelah kira2 6 jam mereka sampai di tempat pengungsian dan pengobatan para korban gempa, mereka ditemui oleh pemerintah Indonesia (sebagian orang2 tanpa disuruh langsung menyebar ke lokasi korban gempa, pemimpinnya menemui pemerintah orang Indonesia – entah pemerintah ini merupakan dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah) ..

dan kejadian selanjutnya yg terjadi adalah terjadi perdebatan yang cukup panjang .. Orang Swiss itu berantem sama orang dari pemerintah Indonesia !!!

singkat ceritanya orang Indonesia ngomong ke orang Swiss gini

“kita udah banyak tenaga disini, kita nga butuh tenaga lu .. kita cuma butuh alat2 berat dan bantuan materi dari elu aja”

Kebayang nggak, kalo lu mau bantu orang yang terkena musibah, digituin sama orang ???

Akhirnya orang Swiss tersebut segera memanggil Tim SAR nya, mereka pulang dengan meninggalkan semua alat berat, dan obat2an dari mereka ..

Sekali lagi gw bilang gak jamin atas keaslian informasi ini, gw cuman menyampaikan lagi informasi yg pernah gw terima… okey cerita selanjutnya…

keesokan harinya .. Dateng orang-orang dari Jepang dengan bantuan yg kurang lebih sama.. Dan tanpa nemuin pemerintah Indonesia mereka langsung bekerja sampai jam 2 pagi.

Disaat malam inilah relawan2 dari Indonesia yg lagi pada nyantai2, ngerasa keganggu… Ya kurang lebihnya kalo pake dialog sinetron begini lah :

“ngapain sih lu kerja sampe pagi2 gini, kita orang mau tidur, berisik tau nga .. kita cape butuh istirahat ”

Mungkin mereka keganggu dengan bunyi mesin nya berisik kali yak ?

Parah… orang lagi nolong kok malah digituin … Emang jam istirahat relawan berarti jam istirahat semua orang gitu ? hahaha… konyoll…

akhirnya sukarelawan Jepang langsung pulang saat itu juga, dengan meninggalkan alat2 berat dan obat2an dan makanan mereka (sama seperti orang Swiss) ..

dan cerita terakhir …..

Sukarelawan dari Uni Emirat Arab dan Amric, dateng dengan bawa obat2an dan makanan, dll ..
Mereka disambut oleh pemerintahan Indonesia (di Padang), tapi apa kata mereka  ? (mungkin mereka udah diceritain sama orang Swiss n Jepang nya itu, jadi dia ngmg kaya gini)
“Saya tidak mau memberikan bantuan ini melalui pemerintah Indonesia, saya mau langsung memberikan bantuan ini kepada orang yang membutuhkan dan Tim Dokter yang bekerja langsung menangani pasien .. Karena jika saya memberikan bantuan ini kepada anda, saya yakin 99% bantuan ini tidak akan seluruhnya sampai kepada orang yang membutuhkan !”

Miris banget kan bacanya ? ckckck….

Okeh gw tarik kesimpulan aja…

Jadi begini yak…

Gw bukan bermaksud ngejelekin2 tim relawan / tim SAR yg udah capek2 kerja disana,

dan gw juga nggak bermaksud ngejelek2in pemerintah yg nggak becus nanganin bencana alam untuk kesekian kalinya. ( Sarkasssstikkk 😀 )

gw percaya masih banyak relawan dan orang2 dari pemerintahan disana yg bekerja sepenuh hati, dengan menggunakan hati nurani juga tentunya tanpa mengharapkan imbalan apapun..

yg gw permasalahin disini adalah oknum2 yg berperilaku dan bermental negative kyak cerita2 diatas tadi..

ini yg bikin gw miris… dan jujur aja kalo denger cerita2 kayak begini seringkali bikin  gw berpikir…

berapa lama lagi sih bangsa ini bisa bertahan dengan mental bobroknya ?

gak usah jauh2 ke Padang lah, dari hal2 yg kecil aja…

kyaknya udah ratusan kali baik di tipi ato langsung gw ngeliat orang bisa ngelanggar aturan dengan begitu santainya… orang2 yg gw kenal sebagai orang baik bisa berubah begitu licik kalo udah berurusan dengan duit …. orang berkelahi dan ngebunuh cuman gara2 perkara sepele…

ato hal2 yg rada gedean kayak korupsi pejabat terang2an.. gimana orang2 besar bisa kebal hokum… gimana pemerintah bisa dengan gampangnya bikin undang2 yg gak penting dan sama2 sekali gak pro-rakyat …

pfftttt…. Gw gak tau harus bilang apa lagi… yg jelas gw udah hopeless dan capek dengan kondisi bangsa  ini… udah saatnya bangsa ini di install ulang….

mungkin udah saatnya juga TUHAN ambil semuanya…

2 Comments »

  1. wahh gilee, yang ngomong kaya gitu ke tim SWISS sumpahhh kudu dihajarr!!!!! [kalo emang bener ada yang ngomong gt].. kaya indonesia negara maju aja heuheu.. masih mending ada yang mau bantu nolong…arogan banget tuh heuheu

    hahaha, masa sih tim SAR segitunya? soalnya kan pasti udah jadi aturan ngga tertulis kalo tim SAR tuh kerjanya hampir ngga ada istirahat, karena emang kejar2an ama waktu buat nolongin korban.. jadi harusnya dia juga maklum sebagai sesama tim SAR, emang udah wajar aja kalo masih ada yang kerja di tengah malem buta, toh seharusnya dari satu kelompok tim SAR, dibagi beberapa kelompok kecil buat ganti shift.. yang ini gw agak2 ngga percaya haha

    masalah keadaan di lapangan yang ngga terkoordinir, gw rasa kerjanya pada mencar, jadi ngga ada korlap langsung, entah dari pemerintah ato TNI,, jadi pada kerja sendiri2…emang pasti keadaan di sana kan kacau banget.

    masalah orang2 yang ngga pada nolongin pas belum ada alat berat dateng, mungkin aja emang sulit ngejangkau runtuhan yang di bawah.. katanya sih udah pada ngais2, ngga pake alat berat,,, akhirnya pada menyerah kali, hehehe

    Comment by Pia — October 11, 2009 @ 8:27 pm

    • iya pia.. pas gw denger berita2 itu dada gw kerasa nyeseeeek banget… mudah2an aja apa yg kita baca ini semuanya gak bener…

      oh iya, temen gw sempet ada yg komentar gini..
      “lah lo sendiri kenapa nggak terjun langsung kesana ? malah bikin omong kosong doang ?, kan lo gak tau realitanya kayak apa disana sebenernya ?”

      sekalian aja deh gw konfirmasi disini.. hehe..
      terlepas dari hal2 kayak lambatnya proses evakuasi atau gak terkoordinirnya bantuan yg datang… sebenernya gw gak terlalu permasalahin hal itunya…
      tapi yg gw mau sorot disini adalah masalah mental orang2 kitanya sendiri…

      gw bisa maklumin evakuasi berjalan lambat karena karena keterbatasan peralatan…
      gw juga bisa maklumin kalo bantuan gak bisa didistribusikan secara merata karena alasan medan yg sulit..
      tapi kalo kejadiannya persis kayak info2 yg gw dapet diatas… huffffffff…….. gw bener2 gak habis pikir…

      kita bener2 gak punya hati nurani, nolongin sodara sebangsanya sendiri aja masih setengah hati..
      kita bener2 gak punya etika dihadapan warga asing yg jelas2 udah mau ngebantu…
      kita bener2 gak bijak, hari gini masih ngeributin masalah ras dan keturunan…
      dan betapa biadabnya kita kalo seandainya bantuan yg kayak gitu masih aja dikorupsi….

      gw cuman berharap apa yg gw denger itu gak benar, gw udah cukup sedih dengan kondisi bangsa ini… dan rasanya gak usahlah dibikin tambah keruh dengan kelakuan yg aneh-aneh…

      Comment by mysterio — October 11, 2009 @ 11:05 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: