mysterio

November 17, 2007

financial = intelektualitas ??

Filed under: Uncategorized — Tags: — mysterio @ 6:33 am

andh01.jpg Pernah baca novel yang judulnya “ Laskar Pelangi “ karangan mas Andrea Hirata ???

Nah, kebeneran nih saya juga baru selesai baca novel karya mas Andrea ni, dan menurut saya ini novel yang hebat. Padahal ngga’ semua anak muda sekarang bisa dan mau loh bikin novel. Alasannya ? Tahu sendiri lah budaya baca masyarakat Indonesia ini masih kayak gimana. Novelis lokal kita jarang tuh yang dapet apresiasi positif dari masyarakat terutama kalangan anak muda… ditambah lagi kalo udah nyangkut urusan percetakan… ngakunya cetak 5.000 copy, aslinya 15.000 copy. Royaltinya ??? ya minus 10.000 copy. Kasian yah ? hasil karya intelektualitas generasi muda Indonesia tuh kayaknya belum cocok untuk dikreasikan dalam bentuk tulisan. Makanya saya pribadi salut dan bangga banget sama mas Andrea yang udah bela-belain mau jadi novelis. Dan tulisan ini merupakan bentuk apresiasi saya terhadap hasil karya tersebut. xp

Ngebahas sedikit isi dari novel “ Laskar Pelangi “, siapa sih yang ngga’ sedih kalo ngebayangin gimana perjuangan Lintang untuk bisa mempertahankan komitmennya untuk ngga’ pernah bolos sekolah ?? Bayangin aja, jarak dari rumah kesekolah 80 km ditempuh dengan naik sepeda, ngelewatin rawa –rawa, dan kalo lagi apes bisa ketemu buaya rawa yang lagi berjemur di tengah jalan. Ngeri banget kan ??

Bicara tentang hebatnya semangat Lintang untuk tetap bersekolah pastinya bikin semua orang berdecak kagum, dan saya yakin itu pasti bakal ngebuat kamu ngerasa jijik sama orang-orang yang ga mau sekolah, atau putus sekolah, padahal kalo secara financial mereka tuh udah punya jatah buat kuliah sampe dapet gelar Magister atau malah Professor, dari luar negeri pula. Kamu pasti bakal mikir kalo orang-orang kayak gini tuh ga’ layak hidup dan cuma bisa jadi sampah masyarakat aja ntar nya. Iya kan ?

Dan saya punya opini tentang itu . . .

Menurut saya sih gini, terlalu naïf rasanya kalo kita selalu memandang bahwa orang-orang dengan finansialitas yang mumpuni harus memiliki intelektualitas yang jauh lebih baik daripada mereka yang ngga’ mampu.

Saya mencoba untuk berpikir secara objektif. Saya rasa setiap kondisi financial memiliki obstacle sendiri–sendiri kalo itu menyangkut dengan keinginan untuk bersekolah. Nah jenisnya ini yang berbeda. Kalo mereka yang nggak mampu ini dibatasi oleh kemampuan financial yang juga memberikan batasan moral, maka mereka yang finansialitas nya tinggi, mereka ngga’ dibatasi oleh financial yang juga ngga’ ngasih batasan moral. Mana yang paling susah diatasi ? menurut saya justru yang hal kedua yang paling sulit, karena hal ini mencakup faktor psikologis yang sangat rapuh kalo udah nyangkut jiwa anak muda, dan ini juga bisa dijadiin alat justifikasi untuk mereka yang ga’ punya semangat untuk sekolah untuk dapat dimaklumi.

Sebaliknya konsekuensi dari kemiskinan yang ga’ bisa dihindari justru dapat menjadi stimulus secara psikologis apabila ada sedikit saja keinginan untuk bersekolah, hal – hal yang berkaitan dengan keterbatasan ini sedikit pengaruhnya terhadap semangat untuk sekolah dibanding hal yang pertama itu.

Saya seorang mahasiswa, dan saya tau banget hal-hal yang nyangkut dengan clubbing, drugs, nyimeng, ngetep, ngubas, dan teman-temannya itu, oh iya . . free sex juga, yang kesemuanya itu bakal bikin kamu males banget buat kuliah atow sekolah. Walaupun saya ga pernah nyobain semuanya, tapi dari yang saya liat impact nya ke temen-temen saya ya kayak gitu. Addict !! bahkan untuk yang kadar kerusakannya paling rendah, yaitu clubbing, bakal bikin kamu males kuliah berminggu-minggu, gimana orangnya juga sich, tapi yah impactnya ga’ jauh beda lah. Kalo kamu udah terjerumus kayak gitu ya buru-buru nyadarin diri aja lah. Bangun dari mimpi… minta bangunin ke temen-temen kamu yang ngga’ ketiduran, ato paling ampuh sih sama keluarga walaupun itu pasti susah banget awalnya.

Yup, yuk kita sama-sama bangun dari mimpi untuk jadi generasi yang ngga’ cuma baru bisa mimpi. xp

9 Comments »

  1. Saya seorang mahasiswa, dan saya tau banget hal-hal yang nyangkut dengan clubbing, drugs, nyimeng, ngetep, ngubas, dan teman-temannya itu, oh iya . . free sex juga..

    KUDU DIBAHAS KITU YO?? huahuahaua.. first comment.. EVER! yes yes.

    Comment by bodhi — November 18, 2007 @ 2:47 am

  2. I’m a clubbers, partyholic malahan tapi gue nggak pernah males kuliah kok!

    Jadi… tolong jangan menggeneralisasikan semua clubbers!

    btw, met knal ya!

    Comment by senny d'ordinary — November 19, 2007 @ 7:37 am

  3. Jadi… tolong jangan menggeneralisasikan semua clubbers!

    ga digeneralisir juga, soalnya ladies night kan hari rabu.. nah kamisnya kuliah jam 7 pagi. gimana hayoo?

    Comment by justreadmysterio — November 21, 2007 @ 10:28 am

  4. belum pernah baca 😀

    Comment by aLe — November 21, 2007 @ 12:17 pm

  5. hehe, gwe termasuk yg minat bacanya agak gimana gitu 😛

    Comment by aLe — November 21, 2007 @ 12:20 pm

  6. wah, kl gwe blm prnh clubing neh,
    maklum, gwe orang ndeso dan katrok 😛

    kyaknya perlu baca tuh novel deh, pinjem dong :mrgreen:

    Comment by aLe — November 21, 2007 @ 12:22 pm

  7. Waks. Saya lagi nulis tentang novel ini di blog saya. Mentok mau nulis apa eh ketemu blog ini. Gila emang tu novel. Bikin gue melek aja. Apalagi soal lintang yg ga punya kesempatan sebesar kita buat ngelmu. Tapi yang namanya kuliah itu..bukan males kuliah sebenrnya. Cuman males bangun paginya itu..

    Comment by superyayi — November 21, 2007 @ 1:40 pm

  8. nggak pernah clubbing hr rabu, nggak suka ladies night jd nggak masalah.

    Lagian klo gue, mau mlm ini clubbing terus besoknya kuliah jam 7 pagi juga nggak masalah, udah biasa. Itu kan resiko!

    Comment by senny d'ordinary — November 29, 2007 @ 9:30 am

  9. Yo….akhirnya selesai juga blog ku….
    ntar kasih comment ya…
    tahnks

    Comment by soca — December 9, 2007 @ 2:18 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: